LANGKAH-LANGKAH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY / DISCOVERY LEARNING
LANGKAH-LANGKAH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY / DISCOVERY LEARNING |
Sebelum membahas Langkah-Langkah Model Pembelajaran Inquiry / Discovery Learning, berikut inipenjelasan tentang Model Pembelajaran Inquiry / Discovery Learning. DalamPermendikbud No.22 tahun 2016 dikatakan pembelajaran inquiry disebut bersamadengan discovery. Dalam Webster’s Collegiate Dictionary inquiry didefinisikansebagai “bertanya tentang” atau “mencari informasi”. Discovery disebut sebagai“tindakan menemukan”. Jadi, pembelajaran ini memiliki dua proses utama.Pertama, melibatkan Peserta didik dalam mengajukan atau merumuskanpertanyaan-pertanyaan (to inquire), dan kedua, Peserta didik menyingkap,menemukan (to discover) jawaban atas pertanyaan mereka melalui serangkaiankegiatan penyelidikan dan kegiatan-kegiatan sejenis (Sutman, et.al., 2008).
Inquiry/discovery merupakanproses pembelajaran yang didasarkan pada pencarian dan penemuan melalui prosesberpikir secara sistematis. Pengetahuaan bukan sekedar sekumpulan fakta hasildari mengingat, akan tetapi hasil dari proses menemukan atau mengkonstruksi.Dengan kata lain, pembelajaran merupakan proses fasilitasi kegiatan penemuan(inquiry) agar peserta didik memperoleh pengetahuan dan keterampilan melaluipenemuannya sendiri (discovery).
Tujuan pertamaInquiry/Discovery Learning adalah agar Peserta didik mampu merumuskan danmenjawab pertanyaan apa, siapa, kapan, di mana,bagaimana, mengapa, dsb. Dengankata lain, Inquiry/Discovery Learning bertujuan untuk membantu Peserta didikberpikir secara analitis. Tujuan kedua adalah untuk mendorong Peserta didikagar semakin berani dan kreatif berimajinasi. Dengan imajinasi Peserta didikdibimbing untuk mengkreasi sesuatu menggunakan pengetahuan yang diperolehnya.Penemuan ini dapat berupa perbaikan atau penyempurnaan dari apa yang telah ada,maupun menciptakan ide, gagasan, atau alat yang belum ada (Anam, 2015:9).
Proses mengumpulkan data,mengamati, dan meringkas informasi, khususnya data numerik dalamInquiry/Discovery Learning, efektif dalam merangsang diskusi untukmengembangkan keterampilan berpikir kritis yang diinginkan. Peserta didik perlumengalami bagaimana menarik simpulan ilmiah berdasarkan pengamatan atasfaktafakta dan sekumpulan data yang diperoleh.
Bagaimana Langkah-Langkah Model Pembelajaran Inquiry/DiscoveryLearning ? Berikut ini penjelasan singkat tentang Langkah-Langkah ModelPembelajaran Inquiry/Discovery Learning. Menurut Sutman, (2008:52), padadasarnya sintaks Inquiry/Discovery Learning terdiri dari lima langkah, yakni
1.Merumuskan pertanyaan
Merumuskanpertanyaan, masalah, atau topik yang akan diselidiki.
2.Merencanakan
Merencanakanprosedur atau langkah-langkah pengumpulan dan analisis data. Langkah
3.Mengumpulkan dan menganalisis data
Kegiatanmengumpulkan informasi, fakta, maupun data, dilanjutkan dengan kegiatanmenganalisisnya.
4.Menarik simpulan
Menariksimpulan-simpulan (jawaban atau penjelasan ringkas)
5.Aplikasi dan Tindak lanjut
Menerapkanhasil dan mengeksplorasi pertanyaan-pertanyaan atau permasalahan lanjutan untukdicari jawabnya.
Demikian info singkat Langkah-Langkah Model Pembelajaran Inquiry/DiscoveryLearning. Terima kasih, selamat berinovasi semoga sukses.