Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (LANGKAH-LANGKAH PROBLEM-BASED LEARNING)

LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (LANGKAH-LANGKAH PROBLEM-BASED LEARNING)

Sebelum membahasa Langkah-Langkah Model Pembelajaran BerbasisMasalah (langkah-langkah Model Pembelajaran Problem-based Learning),berikut ini penjelsan siangkat tentang pengertian Pembelajaran Berbasis Masalah(Problem-Based Learning). Pembelajaran Berbasis Masalah adalah pembelajaranyang menggunakan masalah nyata dalam kehidupan sehari-hari (otentik) yangbersifat terbuka (open-ended) untuk diselesaikan oleh peserta didik untukmengembangkan keterampilan berpikir, keterampilan menyelesaikan masalah,keterampilan sosial, keterampilan untuk belajar mandiri, dan membangun ataumemperoleh pengetahuan baru. Pemilihan masalah nyata tersebut dilakukan ataspertimbangan kesesuaiannya dengan pencapaian kompetensi dasar.

Bagimana Langkah-Langkah Model Pembelajaran BerbasisMasalah (langkah-langkah Problem-based Learning), Berikut ini penjelasansingkat terkait Langkah-Langkah penerepan Pembelajaran Berbasis Masalah (langkah-langkahProblem-based Learning). Menurut Arends (2012: 411), ada lima langkah penerapanPBM, yakni:
1. Orientasi terhadapmasalah  
Gurumenyajikan masalah nyata kepada peserta didik.
2. Organisasi belajar
Gurumemfasilitasi peserta didik untuk memahami masalah nyata yang telah disajikan,yaitu mengidentifikasi apa yang mereka ketahui, apa yang perlu mereka ketahui,dan apa yang perlu dilakukan untuk menyelesaikan masalah. Peserta didik berbagiperan/tugas untuk menyelesaikan masalah tersebut..

3. Penyelidikan individualmaupun kelompok
Gurumembimbing peserta didik melakukan pengumpulan data/informasi (pengetahuan,konsep, teori) melalui berbagai macam cara untuk menemukan berbagai alternatifpenyelesaian masalah.
4. Pengembangan dan penyajianhasil penyelesaian masalah
Gurumembimbing peserta didik untuk menentukan penyelesaian masalah yang palingtepat dari berbagai alternatif pemecahan masalah yang peserta didik temukan.Peserta didik menyusun laporan hasil penyelesaian masalah, misalnya dalambentuk gagasan, model, bagan, atau Power Point slides
5. Analisis dan evaluasiproses penyelesaian masalah
Gurumemfasilitasi peserta didik untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadapproses penyelesaian masalah yang dilakukan.. Mandiri (keberanian) , Intergritas(cinta kebenaran)


Berikut ini Langkah-Langkah penerepanPembelajaran Berbasis Masalah (langkah-langkah Problem-based Learning) yangumum dilakukan, yakni:
1.Klarifikasi Permasalahan. Kegiatan yang termasuk langkah ini antara lain:
·         Guru menyajikan fenomena yang mengandungmasalah yang sesuai dengan kompetensi dasar atau indikator. Bentuknya bisaberupa gambar, teks, video, vignettes, fenomena riil, dan sebagainya.  
·         Peserta didik melakukan identifikasi terhadapfenomena yang ditampilkan guru untuk menmukan masalah dari fenomena yangditampilkan.  
·         Peserta didik melakukan klarifikasi terhadapmasalah yang ditemukan

2.Brainstorming. Kegiatan yang termasuk langkah ini antara lain:
·         Peserta didik mengidentifikasi masalah danmelakukan brainstorming dengan fasilitasi guru  
·         Guru memfasilitasi Peserta didik untukmengklarifikasi fakta, konsep, prosedur dan kaidah dari masalah yang ditemukan. 
·         Peserta didik melakukan brainstorming dengancara sharing information, klarifikasi informasi dan data tentang masalah yangada, melakukan peer learning dan bekerjasama (working together)  
·         Peserta didik mendapatkan deskripsi darimasalah, apa saja yang perlu dipelajari untuk menyelesaikan masalah, deskripsikonsep yang sudah dan belum diketahui, menemukan penyebab masalah, dan menyusunrencana untuk menyelesaikan masalah.  
·         Peserta didik mengembangkan alternatifpenyelesaian masalah
·         Peserta didik menyusun dan mengembangkanaction plan untuk penyelesaian masalah.

3.Pengumpulan Informasi dan Data. Kegiatan yang termasuk langkah ini antaralain:
·         Peserta didik melakukan kegiatan pengumpulandata dan informasi terkait dengan penyelesaian masalah, perpustakaan, web, danberbagai sumber data yang lain serta melakukan observasi.  
·         Peserta didik secara mandiri mengolah hasilpengumpulan informasi/data untuk dipergunakan sebagai solusi dalammenyelesaikan masalah.

4.Berbagi Informasi dan Berdiskusi untuk Menemukan Solusi Penyelesaian Masalah. Kegiatan yang termasuk langkah ini antara lain:
·         Peserta didik kembali melakukanbrainstorming, klarifikasi informasi, konsep dan data terkait denganpermasalahan yang ada dan menemukan solusinya, melakukan peer learning danbekerjasama (working together).  
·         Peserta didik merumuskan dan menetapkansolusi (pemecahan masalah).  
·         Peserta didik menyusun laporan hasil diskusipenyelesaian masalah

5,Presentasi Hasil Penyelesaian Masalah. Kegiatan yang termasuk langkah iniantara lain:
·         Peserta didik mempresentasikan hasilbrainstormingnya tentang solusi yang dikemukakan untuk penyelesaian masalah.  
·         Peserta didik mempresentasikan hasil kerjanyadi depan kelas.  
·         Peserta didik mereviu, menganalisis,mengevaluasi dan refleksi terhadap pemecahan masalah yang ditawarkan besertareasoningnya dalam diskusi kelas.  
·         Peserta didik melakukan perbaikan berdasarkanhasil diskusi

6.Refleksi, Kegiatan yang termasuk langkah ini antara lain:
·         Peserta didik mengemukakan ulasan terhadappembelajaran yang dilakukan.  
·         Guru dan Peserta didik memberikan apresiasiatas partisipasi semua pihak.
·         Guru dan Peserta didik melakukan merefleksiatas kontribusi setiap orang dalam proses pembelajaran.  
·         Guru dan Peserta didik merayakan.

Demikian info tentang Langkah-LangkahModel Pembelajaran Berbasis Masalah (Langkah-LangkahModel Pembelajaran Problem-Based Learning), semoga bermanfaat. Selamatberinovasi semoga sukses.






= Baca Juga =