Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

UNDUH BUKU PENILAIAN BERORIENTASI HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILL)

 Buku Penilaian Berorientasi HOTS Edisi Tahun 2018 - 2019


Direktorat Jenderal Guru danTenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menerbitkan Buku Penilaian Berorientasi HOTS (HigherOrder Thinking Skill). Materi buku ini bertujuan  untuk membekali guru agar mampu melaksanakan penilaian  berbasis  HOTS sehingga  siswa  terbiasa dengan  soal-soal  dan pembelajaran yang berorientasi kepadaketerampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skill) agarterdorong kemampuan berpikir kritisnya.

Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur  pencapaian hasil  belajar  peserta didik. Penilaian  belajar peserta didik dilakukan  oleh  pendidik yang meliputi aspek:  sikap, pengetahuan, dan  keterampilan. Penilaiansikap  dilakukan  oleh pendidik untuk  memperoleh informasi  deskriptif mengenai  perilaku peserta didik.  Penilaian pengetahuan  dilakukan  untuk mengukur penguasaan pengetahuan  peserta  didik, sedangkan  penilaian keterampilan dilakukan untuk  mengukur  kemampuan peserta  didik menerapkan pengetahuan dalam melakukan tugastertentu. Penilaian hasil  belajaroleh  pendidik ini  bertujuan untuk  memantau dan mengevaluasiproses,  kemajuan  belajar, dan perbaikan  hasil  belajar peserta  didik  secara berkesinambungan. 

Penyempurnaan  kurikulum 2013  antara  lain pada  standar  isi diperkaya  dengan kebutuhan  peserta didik  untuk  berpikir kritis  dan  analitis sesuai  dengan  standar internasional,  sedangkan pada  standar  penilaian memberi  ruang  pada pengembangan instrumen penilaian yangmengukur berpikir tingkat tinggi. Penilaian hasil  belajar diharapkan  dapat  membantu peserta  didik  untuk meningkatkan kemampuan berpikir  tingkat  tinggi (Higher  Order  Thinking Skills  /HOTS),  karena berpikir tingkat tinggi dapatmendorong peserta didik untuk berpikir secara luas dan mendalam tentang materipelajaran.

Penilaian berorientasi HOTSbukanlah sebuah bentuk penilaian yang baru bagi guru dalam melakukan penilaian.Tetapi penilaian berorientasi HOTS ini memaksimalkan keterampilan  guru dalam  melakukan  penilaian. Guru  dalam  penilaian ini harus menekankan  pada  penilaian sikap,  pengetahuan  dan keterampilan  yang  bisa meningkatkan  keterampilan peserta  didik  dalam proses  pembelajaran  berorientasi HOTS.


 Buku Pegangan Penilaian Berorientasi HOTS

Buku pegangan Penilaian Berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skill) inidikembangkan dengan tujuan sebagai berikut:
1.  Memberikan acuan kepada guru dalammengembangkan penilaian berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi;
2.  Memberikan acuan  kepada  kepala sekolah  dalam  pelaksanaan supervisi akademik  terhadap  guru dalam  melaksanakan  penilaian berorientasi  pada KeterampilanBerpikir Tingkat Tinggi;
3.  Memberikan acuan  pada  pengawas sekolah  dalam  pelaksanaan supervisi akademik  dan  manajerial terhadap  pelaksanaan  penilaian berorientasi  pada KeterampilanBerpikir Tingkat Tinggi di satuan pendidikan.

Sasaran penggunaan buku Pegangan Penilaian Berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skill) iniadalah sebagai berikut:
1.  Guru Jenjang  Sekolah  Dasar (SD),  Sekolah  Menengah Pertama  (SMP),  Sekolah Menengah  Atas (SMA),  dan  Sekolah Menengah  Kejuruan  (SMK) untuk  mata pelajaran adaptif dannormatif.
2.  Guru Sekolah  Menengah  Kejuruan (SMK)  Produktif,  Bimbingan Konseling  (BK), Pendidikan  Anak Usia  Dini  (PAUD) dan  Pendidikan  Masyarakat (Dikmas)  serta Pendidikan LuarBiasa (PLB).
3.  Kepala Sekolah /Madrasah. 
4.  Pengawas Sekolah /Madrasah.

Selengkapnya silahkanpelajari Buku Penilaian Berorientasi HOTS(Higher Order Thinking Skill), melalui link download yang tersdia di bawah ini.





Demikian informasi tentang Buku Penilaian Berorientasi HOTS EdisiTahun 2018. Semoga bermanfaat, terima kasih.




= Baca Juga =